rss search

Ernst & Young

line

Halo, gue mau cerita sekilas mengenai kantor baru gue.

Env

Kantor ini letaknya di kisaran pacific place, suasananya keren, mewah, bersih dan yang cukup penting toiletnya lega dan bersih. Di kantor, lo bisa lakukan banyak hal, fasilitasnya juga oke. Kalo mau minum, disediain. Milo, teh, kopi bisa tersedia secara instan dalam beberapa detik berkat alat pembuat minuman (ga tau namanya). Gelas juga disediain. Pas lah buat gue yang males bawa-bawa botol minum ke kantor karena berat. Laptop, loker, koneksi internet juga tersedia lah ya sebagai fasilitas wajib. Tempat makan ada banyak, tinggal pilih mau di gedung kantor atau di mall pp. Kelas restoran juga beragam, dari mulai yang ada di P1, P2 sampe lantai atas pacific place. Kalo mau beli macem-macem juga tinggal nyeberang ke sebelah. Secara environment, kantor ini oke banget lah pokoknya!

Wor

Secara pekerjaan, juga gak kalah menarik. Namanya juga audit, jadi akan berkutat dengan banyak client. Menurut gue kerja disini sangat dinamis. Bayangkan, kita bisa di-assign ke beberapa client. Gak jarang kita datengin ke client buat minta data audit, kunjungan lapangan, atau wawancara. Sering juga kita mangkal ditempat client buat ngerjain hasil audit. Makanya gak heran kalo perusahaan client hampir selalu menyediakan satu ruangan kosong buat diisi sama auditor, dan kita mangkal deh disitu. Bisa seharian, bisa setengah hari, bisa sepertiga hari, bahkan berbulan-bulan. Tergantung kebutuhan. Kadang harus mangkal di satu client, kadang harus bolak-balik juga ke client yang lain, dan kalo dapet client super besar, biasanya kita stuck disitu. Atau kalo data-data udah didapet semua, cukup bisa dikerjain di kantor. Buat gue yang bosenan, justru kondisi kerja yang dinamis ini membuat gue tambah semangat. Coba kalo audit itu lumayan mudah dan gak ribet, mungkin ini bisa jadi tempat kerja yang perfect. Tapi, nothing is perfect. Hmm mungkin kalo udah terbiasa, kerja sebagai auditor itu bisa jadi lebih mudah kali yaa :3

Roy

Menurut gue, EY itu perusahaan yang cukup royal. Jaminan kesehatan, ada. Bonus, ada. Kalo ke client butuh uang transport, ada. Ada pengeluaran apaa gitu selama di client, bisa di-reimburse. Dan lagi, salary increases every year, great chances to be promoted each year. Oh iya, dan berdasarkan hasil denger-denger juga, setahun sekali diadakan outing gitu, jadi kita semua auditor bisa jalan-jalan ke tempat yang seru (dibayarin kantor pastinya), bareng-bareng. Bisa ke bandung, bali, pantai, mana aja tergantung nasibnya. Asik kan?? Hahaha.

Soc

Menurut gue disini orangnya asik-asik, gaul. Hampir bisa dibilang gak ada yang pasif dan pendiem gitu, kalaupun ada (menurut gue sih) gak bakal bertahan lama soalnya kan auditor harus bisa berinteraksi juga dengan client secara baik dan efektif.  Walaupun kalo lagi kerja, semua orang bisa jadi patung dihadapan komputer. Tapi setelah itu kembali jadi normal lagi. Seniornya juga baik-baik, gak ada istilah belagu-belaguan. Bahkan dengan orang yang udah beberapa tahun lebih diatas pun bisa masih santai ngobrol pake ‘lo-gue’.

Lea

Buat lo yang baru masuk dan belom paham banget mengenai audit, tenang, ada trainingya kok. Buat lo yang belom begitu terbiasa menggunakan bahasa inggris (kayak gue), tenang, semua laporan audit EY dibuat dalam bahasa inggris kok, jadi lo bisa sekalian latihan juga, hehe. Kalo kata beberapa orang nih, EY itu tempat yang tepat buat belajar. Selaras dengan kata-kata di websitenya EY yang bilang “Joining EY may be temporary, but the knowledge gained can be forever“. Serius gue lupa kata-kata tepatnya apa, tapi kurang lebih begitu. Dan emang bener sih, di EY knowledge-based itu terbuka sebuka-bukanya. Dari mulai pelajaran tentang audit, ethics sampe ke hal-hal mendetil mengenai teknis database bisa kita dapatkan. Syaratnya, ya mau belajar. Fasilitas ada banyak, tapi menggunakannya atau tidak, itu pilihan kita.

Author tried to prevent the disclosure of sensitive information.


8 comments

line
  1. brn

    hai kakak”. mau tanya dong :D
    saya lulusan s1akuntansi dari PTS dgn ipk 3,67. kira” ada peluang jd auditor di ey ga sih klo cuma lulusan PTS biasa ? makasih:D

    line
  2. ahmadjakfar

    loh, kenapa enggak? daftar aja :D

    line
  3. chlsa

    halo kak.. mau nanya ya. klo mau ngelamar di ey itu harus nunggu open recruitment atau bs langsung kirim lamaran via pos ke ey aja ya ? trims :)

    line
  4. ahmadjakfar

    buka sepanjang taun kok, coba aja daftar di webnya. kalo lewat pos ga pernah sih, tp coba aja hehe

    line
    • chlsa

      kak mau tanya lg dong. saya mau kirim lamaran ke ey. itu harus dlm b. inggris atau tidak ya ?

      line
  5. chlsa

    kak mau tanya lg dong. saya mau kirim lamaran ke ey. itu harus dlm b. inggris atau tidak ya ?

    line
  6. semangat45

    Hai kakak, kalau boleh tau, kakak dulunya kuliah dimana ya?
    terus saya juga mau tanya, utk masuk ke big 4, apakah pengalaman kegiatan/organisasi yang banyak gitu memiliki pengaruh yg signifikan thdp hasil kelulusan recruitmnent?

    trims kak :)

    line
  7. ahmadjakfar

    @chisa: maaf baru balas. tidak wajib sih, tapi biasanya email lamaran jg menentukan :D

    @semangat45: maaf baru balas. cukup menentukan kok, karena yg dicari lulusan yg punya skill inter-personal yang baik :D

    line

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>